CARA MEMBUAT TABUNGAN DARI BOTOL BEKAS AQUA
Kreativitas : CARA MEMBUAT TABUNGAN DARI BOTOL BEKAS AQUA
PSIKOLOGI LINGKUNGAN A
Semester Genap : 2022/2023
UJIAN AKHIR PSIKOLOGI
LINGKUNGAN
Dhea Yanottama Nugroho Putri
2019011033
FAKULTAS PSIKOLOGI
UNIVERSITAS SARJANAWIYATA TAMANSISWA
YOGYAKARTA
2022/2023
Berdasarkan
pengertian barang bekas, dapat diketahui bahwa media barang bekas merupakan
alat yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran yang berasal dari segala
sesuatu yang tertinggal atau sudah tidak digunakan lagi, namun masih dapat
digunakan menjadi barang baru yang lebih bernilai guna, Benda tersebut dapat
dimanfaatkan menjadi sebuah benda yang memiliki daya guna yang tinggi dan dapat
membantu proses beajar anak. Selain dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak
penggunaan barang bekas juga dapat meningatkan karakter peduli lingkungan dan
membiasakan anak untuk selalui menjaga kebersihan.
Beberapa
penelitian yang berkaitan dengan penggunaan barang bekas sebagai media
pembelajaran menyatakan bahwa pemanfaatan media barang bekas dalam kegiatan
pembelajaran mampu meningkatkan kemampuan motorik halus anak usia dini, dimana
dalam setiap melakukan kegiatan semua aktivitas motorik halus anak bekerja dan
berkembang sangat baik (BSB) pada hasil akhir. Media barang bekas diyakini
dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak usia dini, hal ini dikarenakan
kemampuan kognitif merupakan salah satu aspek perkembangan yang sangat penting
untuk mendukung tumbuh kembang anak dalam berfikir.
Pada
saat sekarang ini sudah banyak pemanfaatan barang bekas yang menghasilkan barang
baru yang sangat memiliki nilai, bahkan dalam proses pemasaran juga memiliki
harga yang cukup tinggi, karena barang-barang bekas tersebut bisa dimanfaatkan
untuk media pembelajaran, seorang mahasiswa sebagai calon guru akan merasa
lebih dimudahkan karena media pembelajaran tidak harus menggunakan alat-alat
yang mahal dan sulit didapat sehingga proses pembelajaran akan berlangsung
dengan efektif dan pamemberatkan salah satu pihak.
Sebagian
besar masyarakat beranggapan bahwa barang bekas adalah sampah yang harus
dibuang dan dijauhkan dari lingkungannya karena dapat menimbulkan penyakit. Di
sisi lain, barang bekas memiliki nilai manfaat dalam kehidupan sehari-hari.
Apabila barang bekas digunakan kembali, maka dapat menjadi barang yang
bermanfaat. Barang bekas itu sendiri terdiri dari dua jenis, yaitu barang bekas
organik dan anorganik. Dengan sikap peduli lingkungan maka akan tercipta
lingkungan yang bersih dan asri.
Sedangkan
media barang bekas merupakan alat yang digunakan dalam pembelajaran yang
berasal dari segala sesuatu yang tertinggal atau sudah tidak digunakan lagi
yang dapat digunakan dalam pembelajaran yang berasal dari segala sesuatu yang
tertinggal atau sudah tidak digunakan lagi yang dapat digunakan menjadi barang
yang baru yang lebih bernilai guna yang sering disebut dengan sampah. Pada
pendampingan belajar memanfaatkan barang-barang bekas ini diharapkan menjadikan
siswa sadar diri untuk menjaga kebersihan diri sendiri dan tempat tinggal,
siswa belajar untuk tidak membuang sampah sembarangan, menumbuhkan kreativitas
dalam belajar siswa, siswa memiliki bekal dan pengalaman baru dalam
pembelajaran, siswa memiliki kepedulian terhadap lingkungan, serta membantu
melatih kemampuan berfikir dan penuangan ide-ide baru dalam pembelajaran.
Pemanfaatan
barang bekas dalam pembuatan alat peraga dengan menggunakan model inquiry discovery learning terbimbing, menggunakan
benda atau barang yang sudah tidak terpakai lagi untuk dijadikan barang baru
yang memiliki nilai lebih tinggi. Barang bekas oleh masyarakat mengakibatkan
timbulnya masalah yang sering dihadapi masyarakat yakni tumpukan sampah di
lingkungan kita. Dari sampah inilah banyak sekali yang dapat dimanfaatkan,
salah satunya dengan memanfaatkan barang bekas.
Daftar Pustaka
Faishol, R., Meliantina, M., Ramiati,
E., & Putri, E. I. E. (2021). Pendampingan Kegiatan Pembelajaran Siswa
dengan Memanfaatkan Barang Bekas Untuk Meningkatkan Minat dan Kreativitas
Belajar Pada Masa Pandemi Covid-19. ABDI KAMI: Jurnal Pengabdian Kepada
Masyarakat, 4(1), 092-100.
Jannah, N. R., & Pratiwi, W. (2021).
Pendampingan Kegiatan Belajar Siswa dengan Memanfaatkan Barang Bekas untuk
Meningkatkan Minat dan Kreativitas Belajar Siswa pada Era Covid-19. Bulletin
of Community Engagement, 1(2), 61-70.
0 Comments