CARA MEMBUAT TABUNGAN DARI BOTOL BEKAS AQUA

 

Kreativitas : CARA MEMBUAT TABUNGAN DARI BOTOL BEKAS AQUA

Juni 15, 2022

 PSIKOLOGI LINGKUNGAN A

Semester Genap : 2022/2023

UJIAN AKHIR PSIKOLOGI LINGKUNGAN

Dhea Yanottama Nugroho Putri

2019011033

FAKULTAS PSIKOLOGI

UNIVERSITAS SARJANAWIYATA TAMANSISWA

YOGYAKARTA

2022/2023

 

Berdasarkan pengertian barang bekas, dapat diketahui bahwa media barang bekas merupakan alat yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran yang berasal dari segala sesuatu yang tertinggal atau sudah tidak digunakan lagi, namun masih dapat digunakan menjadi barang baru yang lebih bernilai guna, Benda tersebut dapat dimanfaatkan menjadi sebuah benda yang memiliki daya guna yang tinggi dan dapat membantu proses beajar anak. Selain dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak penggunaan barang bekas juga dapat meningatkan karakter peduli lingkungan dan membiasakan anak untuk selalui menjaga kebersihan.

Beberapa penelitian yang berkaitan dengan penggunaan barang bekas sebagai media pembelajaran menyatakan bahwa pemanfaatan media barang bekas dalam kegiatan pembelajaran mampu meningkatkan kemampuan motorik halus anak usia dini, dimana dalam setiap melakukan kegiatan semua aktivitas motorik halus anak bekerja dan berkembang sangat baik (BSB) pada hasil akhir. Media barang bekas diyakini dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak usia dini, hal ini dikarenakan kemampuan kognitif merupakan salah satu aspek perkembangan yang sangat penting untuk mendukung tumbuh kembang anak dalam berfikir.

Pada saat sekarang ini sudah banyak pemanfaatan barang bekas yang menghasilkan barang baru yang sangat memiliki nilai, bahkan dalam proses pemasaran juga memiliki harga yang cukup tinggi, karena barang-barang bekas tersebut bisa dimanfaatkan untuk media pembelajaran, seorang mahasiswa sebagai calon guru akan merasa lebih dimudahkan karena media pembelajaran tidak harus menggunakan alat-alat yang mahal dan sulit didapat sehingga proses pembelajaran akan berlangsung dengan efektif dan pamemberatkan salah satu pihak.

Sebagian besar masyarakat beranggapan bahwa barang bekas adalah sampah yang harus dibuang dan dijauhkan dari lingkungannya karena dapat menimbulkan penyakit. Di sisi lain, barang bekas memiliki nilai manfaat dalam kehidupan sehari-hari. Apabila barang bekas digunakan kembali, maka dapat menjadi barang yang bermanfaat. Barang bekas itu sendiri terdiri dari dua jenis, yaitu barang bekas organik dan anorganik. Dengan sikap peduli lingkungan maka akan tercipta lingkungan yang bersih dan asri.

Sedangkan media barang bekas merupakan alat yang digunakan dalam pembelajaran yang berasal dari segala sesuatu yang tertinggal atau sudah tidak digunakan lagi yang dapat digunakan dalam pembelajaran yang berasal dari segala sesuatu yang tertinggal atau sudah tidak digunakan lagi yang dapat digunakan menjadi barang yang baru yang lebih bernilai guna yang sering disebut dengan sampah. Pada pendampingan belajar memanfaatkan barang-barang bekas ini diharapkan menjadikan siswa sadar diri untuk menjaga kebersihan diri sendiri dan tempat tinggal, siswa belajar untuk tidak membuang sampah sembarangan, menumbuhkan kreativitas dalam belajar siswa, siswa memiliki bekal dan pengalaman baru dalam pembelajaran, siswa memiliki kepedulian terhadap lingkungan, serta membantu melatih kemampuan berfikir dan penuangan ide-ide baru dalam pembelajaran.

Pemanfaatan barang bekas dalam pembuatan alat peraga dengan menggunakan model inquiry discovery learning terbimbing, menggunakan benda atau barang yang sudah tidak terpakai lagi untuk dijadikan barang baru yang memiliki nilai lebih tinggi. Barang bekas oleh masyarakat mengakibatkan timbulnya masalah yang sering dihadapi masyarakat yakni tumpukan sampah di lingkungan kita. Dari sampah inilah banyak sekali yang dapat dimanfaatkan, salah satunya dengan memanfaatkan barang bekas.



 

Daftar Pustaka

Faishol, R., Meliantina, M., Ramiati, E., & Putri, E. I. E. (2021). Pendampingan Kegiatan Pembelajaran Siswa dengan Memanfaatkan Barang Bekas Untuk Meningkatkan Minat dan Kreativitas Belajar Pada Masa Pandemi Covid-19. ABDI KAMI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat4(1), 092-100.

Jannah, N. R., & Pratiwi, W. (2021). Pendampingan Kegiatan Belajar Siswa dengan Memanfaatkan Barang Bekas untuk Meningkatkan Minat dan Kreativitas Belajar Siswa pada Era Covid-19. Bulletin of Community Engagement1(2), 61-70.

0 Comments