Pengalaman Mengikuti Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang diselenggarakan KEMENDIKBUD tahun 2022
Dyah Ayu Perwita Sari
2019011149
ESSAY PRESTASI
Psikologi Lingkungan A
Semester 6 (Genap)
FAKULTAS PSIKOLOGI
UNIVERSITAS SARJANAWIYATA TAMANSISWA
YOGYAKARTA
PKM
dikembangkan untuk mengantarkan mahasiswa mencapai taraf pencerahan kreativitas
dan inovasi berlandaskan penguasaan sains dan teknologi serta keimanan yang
tinggi. Dalam rangka mempersiapkan diri menjadi pemimpin yang cendekiawan,
wirausahawan mandiri dan arif, mahasiswa diberi peluang untuk
mengimplementasikan kemampuan, keahlian, sikap, tanggungjawab, membangun
kerjasama tim maupun mengembangkan kemandirian melalui kegiatan yang kreatif
dalam bidang ilmu yang ditekuni.
Sejalan
dengan perkembangnya ilmu pengetahuan dan istilah-istilah baku yang digunakan
dalam tataran ilmu pengetahuan serta untuk memudahkan pemahaman tujuan utama
masingmasing bidang PKM mulai tahun 2021, PKM-Penelitian (PKM-P) diganti
menjadi PKM-Riset (PKM-R) dan PKM-Pengabdian Masyarakat (PKM-M) diubah menjadi
PKM-PM sementara PKM Penerapan Teknologi (PKM-T) diubah menjadi PKM-Penerapan
Iptek (PKM-PI). PKM Gagasan Futuristik Konstruktif (PKM-GFK) yang awalnya
mengajukan video untuk dinilai dan mendapatkan insentif, maka mulai tahun 2021
diubah menjadi mengajukan proposal pendanaan untuk menyusun video bagi yang
lolos didanai.
Di
dalam PKM-R, karakteristik riset eksakta (PKM-RE) dan riset sosial humaniora
(PKMRSH) berbeda. Mulai tahun 2022 pedoman PKM-R antara PKM-RE dan PKM-RSH
dipisah, dimana masing-masing mempunyai pedoman PKM sendiri. Hal ini bertujuan
agar masingmasing PKM-RE dan PKM-RSH memperoleh hasil yang optimal.
Tahun
2022, PKM Gagasan Tertulis (PKM-GT) diubah menjadi PKM Gagasan Futuristik
Tertulis (PKM-GFT). Perubahan nama tersebut dimaksudkan agar gagasan yang
diajukan mengandung unsur futuristik. Tahun 2022, PKM Gagasan Futuristik
Konstruktif (PKM-GFK) diubah menjadi PKM Video Gagasan Konstruktif (PKM-VGK).
Perubahan nama tersebut dimaksudkan agar gagasan yang diajukan mengandung unsur
konten komunikasi konstruktif berupa video.
Program PKM ini di selenggarakan dari awal Maret untuk mengajukan proposal sampai bulan Mei pengumuman. Selanjutnya
adalah tentang pembuatan proposal PKM. Dalam penelitian ini syarat nya membuat tim
yang beranggotakan 5 orang boleh prodi yang sama namun disarankan lebih baik
berbeda prodi. Disarankan berbeda prodi karena akan lebih baik karena dari
berbagai lintas ilmu.
Awal-awal
mengikuti Program Kreativitas Mahasiswa 2022 saya merasa ragu-ragu untuk
mengikuti. Namun, saya dibujuk oleh salah satu teman saya yang pernah mengikuti
sebelumnya dan tanpa saya ketahui teman saya langsung menujuk saya sebagai
ketua team PKM. Betapa terkejutnya saya setelah diberitahu, saya sempat menolak
ajakan karena saya merasa kurang mampu untuk menjadi ketua karena kurangnya
pengalaman saya dalam mengikuti program-program seperti ini. Teman saya itupun
terus membujuk saya dengan meyakinkan saya kalau saya itu bisa dan mengatakan
menurutnya, ini salah satu program pemerintah yang sangat banyak manfaat nya terutama
dalam bidang penelitian
Akhirnya
pun, saya mau mengikuti ajakan teman saya. Setelah saya pikir kembali ini ajang
yang bagus terutama untuk mahasiswa jurusan Psikologi. Manfaat nya mengetahui,
memahami, meningkatkan keterampilan untuk memecahkan permasalahan yang ada di
masyarakat yang dapat dikaitkan dalam ilmu Psikologi.
Saya
dan teman-teman dari Psikologi ingin mengajukan proposal PKM RSH (Riset Sosial
Humaniora) karena menurut kami ini menarik dan cocok dengan jurusan kami. Dalam
hal ini kami mengajukan judul awal yaitu Teori Kepribadian dan implementasinya
dari Ki Hadjar Dewantara. Mengapa kelompok saya ingin mengambil judul tersebut
yaitu ingin mengetahui seberapa jauh implementasi dari teori Kepribadian yang
dipadukan dengan Ajaran dari Ki Hadjar Dewantara didalam kehidupan sehari-hari
terutama di bidang pendidikan yaitu di sekolah-sekolah. Dalam hal ini kelompok saya
ingin mengambi subjek penelitian yaitu pada sekolah dasar. Dari judul awal itu
setelah diskusi panjang akhirnya kelompok saya mengambil keputusan untuk
mengubah judul setelah konsultasi dengan Dosen Pembimbing dengan hasil judul Saintifikasi Konsep Perkembangan
Kepribadian Berdasarkan Konsep dan Ajaran Ki Hadjar Dewantara.
Lalu, waktu berjalan menunggu hasil pengumuman lolos tahap pertama, pada tanggal 26 Mei 2022 akhirnya diumumkan tentang lolos tahap pertama ini. Saya dan teman-teman ternyata tidak lolos tahap pertama dalam Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) 2022 ini. Bagi saya walaupun cukup sedih namun ini tidak apa-apa, saya banyak belajar dari pengalaman mengikuti program ini yaitu tentang proses mengikuti program ini saya jadi banyak tau tahap demi tahap mulai dari menyusun proposal, meminta surat pengesahan dari kampus, dan penguplodan proposal ke web simbelmawa dll.
Suka
dan duka dalam mengikuti Program Kreativitas Mahasiswa ini sangat banyak.
Dimulai dari suka nya saya antusias dan menjadi hal yang menantang untuk saya
mengikuti program ini karena ini pertama kali bagi saya dalam hal ini, suka
berdiskusi bersama-sama dengan tim baik bertemu langsung atau online untuk menentukan (judul,
rancangan proposal, dll), saya banyak belajar dari teman-teman di tim. Duka nya
mengikuti ini tentunya menguras pikiran, perasaan (khawatir, ragu-ragu, cemas,
dll) yang ada dibenak saya dan cukup sedih karena tidak lolos pada program ini.
Namun, dengan ini saya banyak belajar bahwa mencoba itu perlu dilakukan untuk
melatih kemampuan saya terutama dalam bidang saya, belajarlah dari proses nya
bukan hasil.
DAFTAR
PUSTAKA
Pedoman Umum Program Kreativitas Mahasiswa (PKM)
2022
https://simbelmawa.kemdikbud.go.id/portal/wp-content/uploads/2022/03/1.-PKM-Penjelasan-Umum.pdf
- Diakses pada tanggal 16 April 2022 jam 10.00 WIB
Petunjuk Teknis Program Krativitas Mahasiswa (PKM)
Riset Sosial Humaniora 2022
https://simbelmawa.kemdikbud.go.id/portal/wp-content/uploads/2022/03/3.-PKM-RSH.pdf
- Diakses pada tanggal 16 April 2022 jam 10.15 WIB
0 Comments