Pengalaman Mengikuti Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang diselenggarakan KEMENDIKBUD tahun 2022

 


 Dyah Ayu Perwita Sari

2019011149

ESSAY PRESTASI

Psikologi Lingkungan A

Semester 6 (Genap)

FAKULTAS PSIKOLOGI

UNIVERSITAS SARJANAWIYATA TAMANSISWA

YOGYAKARTA



PKM dikembangkan untuk mengantarkan mahasiswa mencapai taraf pencerahan kreativitas dan inovasi berlandaskan penguasaan sains dan teknologi serta keimanan yang tinggi. Dalam rangka mempersiapkan diri menjadi pemimpin yang cendekiawan, wirausahawan mandiri dan arif, mahasiswa diberi peluang untuk mengimplementasikan kemampuan, keahlian, sikap, tanggungjawab, membangun kerjasama tim maupun mengembangkan kemandirian melalui kegiatan yang kreatif dalam bidang ilmu yang ditekuni.

Sejalan dengan perkembangnya ilmu pengetahuan dan istilah-istilah baku yang digunakan dalam tataran ilmu pengetahuan serta untuk memudahkan pemahaman tujuan utama masingmasing bidang PKM mulai tahun 2021, PKM-Penelitian (PKM-P) diganti menjadi PKM-Riset (PKM-R) dan PKM-Pengabdian Masyarakat (PKM-M) diubah menjadi PKM-PM sementara PKM Penerapan Teknologi (PKM-T) diubah menjadi PKM-Penerapan Iptek (PKM-PI). PKM Gagasan Futuristik Konstruktif (PKM-GFK) yang awalnya mengajukan video untuk dinilai dan mendapatkan insentif, maka mulai tahun 2021 diubah menjadi mengajukan proposal pendanaan untuk menyusun video bagi yang lolos didanai.

Di dalam PKM-R, karakteristik riset eksakta (PKM-RE) dan riset sosial humaniora (PKMRSH) berbeda. Mulai tahun 2022 pedoman PKM-R antara PKM-RE dan PKM-RSH dipisah, dimana masing-masing mempunyai pedoman PKM sendiri. Hal ini bertujuan agar masingmasing PKM-RE dan PKM-RSH memperoleh hasil yang optimal.

Tahun 2022, PKM Gagasan Tertulis (PKM-GT) diubah menjadi PKM Gagasan Futuristik Tertulis (PKM-GFT). Perubahan nama tersebut dimaksudkan agar gagasan yang diajukan mengandung unsur futuristik. Tahun 2022, PKM Gagasan Futuristik Konstruktif (PKM-GFK) diubah menjadi PKM Video Gagasan Konstruktif (PKM-VGK). Perubahan nama tersebut dimaksudkan agar gagasan yang diajukan mengandung unsur konten komunikasi konstruktif berupa video.

Program PKM ini di selenggarakan dari awal Maret untuk mengajukan proposal sampai bulan Mei pengumuman. Selanjutnya adalah tentang pembuatan proposal PKM. Dalam penelitian ini syarat nya membuat tim yang beranggotakan 5 orang boleh prodi yang sama namun disarankan lebih baik berbeda prodi. Disarankan berbeda prodi karena akan lebih baik karena dari berbagai lintas ilmu.

Awal-awal mengikuti Program Kreativitas Mahasiswa 2022 saya merasa ragu-ragu untuk mengikuti. Namun, saya dibujuk oleh salah satu teman saya yang pernah mengikuti sebelumnya dan tanpa saya ketahui teman saya langsung menujuk saya sebagai ketua team PKM. Betapa terkejutnya saya setelah diberitahu, saya sempat menolak ajakan karena saya merasa kurang mampu untuk menjadi ketua karena kurangnya pengalaman saya dalam mengikuti program-program seperti ini. Teman saya itupun terus membujuk saya dengan meyakinkan saya kalau saya itu bisa dan mengatakan menurutnya, ini salah satu program pemerintah yang sangat banyak manfaat nya terutama dalam bidang penelitian

Akhirnya pun, saya mau mengikuti ajakan teman saya. Setelah saya pikir kembali ini ajang yang bagus terutama untuk mahasiswa jurusan Psikologi. Manfaat nya mengetahui, memahami, meningkatkan keterampilan untuk memecahkan permasalahan yang ada di masyarakat yang dapat dikaitkan dalam ilmu Psikologi.

Saya dan teman-teman dari Psikologi ingin mengajukan proposal PKM RSH (Riset Sosial Humaniora) karena menurut kami ini menarik dan cocok dengan jurusan kami. Dalam hal ini kami mengajukan judul awal yaitu Teori Kepribadian dan implementasinya dari Ki Hadjar Dewantara. Mengapa kelompok saya ingin mengambil judul tersebut yaitu ingin mengetahui seberapa jauh implementasi dari teori Kepribadian yang dipadukan dengan Ajaran dari Ki Hadjar Dewantara didalam kehidupan sehari-hari terutama di bidang pendidikan yaitu di sekolah-sekolah. Dalam hal ini kelompok saya ingin mengambi subjek penelitian yaitu pada sekolah dasar. Dari judul awal itu setelah diskusi panjang akhirnya kelompok saya mengambil keputusan untuk mengubah judul setelah konsultasi dengan Dosen Pembimbing dengan hasil judul Saintifikasi Konsep Perkembangan Kepribadian Berdasarkan Konsep dan Ajaran Ki Hadjar Dewantara.

Lalu, waktu berjalan menunggu hasil pengumuman lolos tahap pertama, pada tanggal 26 Mei 2022 akhirnya diumumkan tentang lolos tahap pertama ini. Saya dan teman-teman ternyata tidak lolos tahap pertama dalam Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) 2022 ini. Bagi saya walaupun cukup sedih namun ini tidak apa-apa, saya banyak belajar dari pengalaman mengikuti program ini yaitu tentang proses mengikuti program ini saya jadi banyak tau tahap demi tahap mulai dari menyusun proposal, meminta surat pengesahan dari kampus, dan penguplodan proposal ke web simbelmawa dll.

Suka dan duka dalam mengikuti Program Kreativitas Mahasiswa ini sangat banyak. Dimulai dari suka nya saya antusias dan menjadi hal yang menantang untuk saya mengikuti program ini karena ini pertama kali bagi saya dalam hal ini, suka berdiskusi bersama-sama dengan tim baik bertemu langsung atau online untuk menentukan (judul, rancangan proposal, dll), saya banyak belajar dari teman-teman di tim. Duka nya mengikuti ini tentunya menguras pikiran, perasaan (khawatir, ragu-ragu, cemas, dll) yang ada dibenak saya dan cukup sedih karena tidak lolos pada program ini. Namun, dengan ini saya banyak belajar bahwa mencoba itu perlu dilakukan untuk melatih kemampuan saya terutama dalam bidang saya, belajarlah dari proses nya bukan hasil.

 

DAFTAR PUSTAKA

 

Pedoman Umum Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) 2022

https://simbelmawa.kemdikbud.go.id/portal/wp-content/uploads/2022/03/1.-PKM-Penjelasan-Umum.pdf - Diakses pada tanggal 16 April 2022 jam 10.00 WIB

Petunjuk Teknis Program Krativitas Mahasiswa (PKM) Riset Sosial Humaniora 2022

https://simbelmawa.kemdikbud.go.id/portal/wp-content/uploads/2022/03/3.-PKM-RSH.pdf - Diakses pada tanggal 16 April 2022 jam 10.15 WIB

0 Comments