STRATEGI PENERAPAN 3R (REUSE, REDUCE, DAN RECYCLE) DI LINGKUNGAN SEKOLAH



Tugas Psikologi Lingkungan Semester Genap 2020/2021

Dosen Pengampu: Arundati Shinta

Nama : Nurrokhman Danang Hadiwijoyo

NIM : 2018011074

Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

 

STRATEGI PENERAPAN 3R (REUSE, REDUCE, DAN RECYCLE) DI LINGKUNGAN SEKOLAH

 


Istilah 3R tentu sudah tidak asing lagi bagi kita, 3R merupakan Reuse, Reduce, dan Recycle, konsep ini digunakan dalam pengelolaan sampah yang dimana Reduce berarti pengurangan yang dapat kita artikan sebagai sikap sehari-hari yang dapat mengurangi penimbunan sampah, kemudian Reuse atau artinya menggunakan kembali barang bekas tanpa memprosesnya terlebih dahulu, dan yang terakhir adalah Recycle yang artinya mendaur ulang merupakan kegiatan mengolah barang yang telah digunakan menjadi bahan lain yang lebih bermanfaat (Risma Dwi Arisona, 2018). Perilaku 3R dapat kita terapkan di mana saja, dan tentunya hal ini perlu diterapkan di lingkungan sekolah agar adik-adik baik dari Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, maupun Sekolah Menengah Atas dapat mengerti dan memahami pentingnya 3R untuk mengelola sampah dan mengurangi penimbunan sampah khususnya di Indonesia. Pengetahuan mengenai 3R dapat dimasukkan ke mata pelajaran yang ada pada kurikulum seperti seni budaya dan keterampilan, selain itu juga dapat dimasukkan ke dalam peraturan yang ada di sekolah.

Permasalahan sampah di Indonesia merupakan salah satu permasalahan lingkungan yang belum terselesaikan secara tuntas. Menurut data dari Sistem Informasi Pengelolaan Sampah Nasional timbunan sampah di Indonesia mencapai 27,3 juta ton/ tahun, sedangkan sampah yang terkelola hanya 65,14 % saja. Maka dari itu 3R menjadi hal yang tidak dapat disepelekan, karena dengan menerapkan 3R kita dapat mengurangi timbunan sampah di Indonesia khususnya di lingkungan sekitar kita masing-masing.

Pertanyaan yang akan dijawab dalam tulisan ini adalah hal-hal apa saja yang dapat kita lakukan di lingkungan sekolah dalam menerapkan perilaku 3R di sekolah. Dengan menerapkan 3R di lingkungan sekolah juga dapat mendukung pembelajaran seperti meningkatkan kreativitas siswa dalam memanfaatkan sampah yang dapat diolah kembali menjadi suatu barang yang digunakan kembali. Penerapan 3R di sekolah juga penting karena siswa akan memperoleh ilmu dalam mengolah sampah-sampah dan menjadikan siswa yang peduli terhadap kebersihan lingkungan sehingga pada masa yang akan datang jumlah timbunan sampah di Indonesia dapat berkurang.

Dalam tulisan ini saya ingin membagikan hal-hal yang dapat dilakukan di lingkungan sekolah terkait perilaku 3R sebagai berikut :

1.     Sekolah dapat memberikan pelatihan berupa praktik kepada siswa untuk membuat aksesoris dari barang bekas atau sampah plastik.

2.     Sekolah dapat membuat tempat sampah yang terbagi atas tiga yaitu sampah organik, sampah anorganik, dan sampah B3 (Bahan berbahaya dan beracun).

3.  Menganjurkan siswa untuk membawa tempat makan dan tempat minum masing-masing untuk mengurangi penggunaan wadah makanan dan minuman sekali pakai.

4.     Mengadakan kegiatan mengasah kreativitas siswa seperti lomba membuat kerajinan tangan dari bahan bekas atau sampah yang masih dapat dimanfaatkan.


Selain hal-hal di atas sekolah juga dapat membuat kebijakan atau inovasi baru dalam mendukung perilaku 3R di lingkungan sekolah.

Perilaku 3R sangatlah mungkin dilakukan di sekolah, hal tersebut dapat membantu untuk mengurangi penumpukan sampah di Indonesia seperti data yang sudah dijelaskan di atas. Banyak hal yang dapat dilakukan di sekolah untuk mengaplikasikan 3R. Hal-hal tersebut dapat dicantumkan dalam peraturan atau kurikulum sekolah. Salah satu pelajaran yaitu seni budaya dan keterampilan dapat diterapkan untuk pelaksanaan 3R dimana siswa diminta mengerjakan suatu karya dari benda-benda yang sudah tidak digunakan. Dalam peraturan sekolah dapat diterapkan agar siswa membawa tempat makan dan minum masing-masing, kemudian sekolah dapat membuat tempat sampah yang terbagi menjadi 3 seperti yang sudah dijelaskan di atas. Mari kita menjaga lingkungan dengan cara menerapkan perilaku 3R.


 

DAFTAR PUSTAKA

Arisona, Risma Dwi. (2018). Pengelolaan Sampah 3R (Reduce, Reuse, Recycle) pada Pembelajaran IPS untuk Menumbuhkan Karakter Peduli Lingkungan. Jurnal Pendidikan Islam. Vol.3. No.1. Hal.39-51

sipsn.menlhk.go.id (diakses pada 2 Maret 2021)


Penulis :

Foto Penulis



  

0 Comments