PRESEPSI TERHADAP LINGKUNGAN
OLEH
Agung Panrimo
2018011177
dosen: Arundati Shinta
UNIVERSITAS SARJANAWIYATA TAMANSISWA YOGYAKARTA
Presepsi lingkungan adalah pemahaman individu terhadap lingkungan. dalam hal ini presepsi sangat penting bagi kelangsungan hidup manusia karena presepsi dapat dikatakan secara simbolik sebagai jembatan yang menghubungkan manusia dengan dunia sekitarnya. banayak orang memberikan penilaian bahwa apabila kita membicarakan presepsi maka itu adalah presepsi yang bersifat visual atau presepsi yang dilandaskan pada penglihatan. penilaian itu mungkin saja bisa terjadi karna banyak orang memperoleh pengetahuan melalui alaat bantu pencerapan penglihatan, disamping melalui alat bantu pecerapan pendengaran. contoh memperoleh pengetahuan seperti itu adalah melalui perantaraan foto, televis, majalah, buku, dan koran, maka manusia dapat menerima dan memproses pengetahuan tentang lingkungan disekitar.
provinsi daerah istimewa yogyakarta memiliki 1 kota dan 4 kabupaten yang terdiri dari kota yogyakarta, kabupaten sleman, kabupaten kulonprogo, kabupaten gunung kidul dan kabupaten bantul. masing-masing kabupaten memiliki daya tarik wisata khususnya dikabupaten sleman yaitu di kawasan lereng gunung merapi. seperti terlihat foto diatas dilereng gunung merapi tempat wisata kaliadem.
pariwisata di yogyakarta mengalami perkembangan wisatawan yang cenderung naik setiap tahunnya. pada tahun 2014-2015 jumblah wisatawan mancanegara mengalami kenaikan dari yang sebelumnya jumblah wisatawan pada tahun 2015 adalah 308.485 wisatawan naik menjadi 335.313 wisatawan pada tahun 2016. data dirilis dari dinas wisata yogyakarta pada tahun 2012 sampai 2016 menunjukan peningkatan pertumbuhan pengunjunganwisatawan yang cenderung meningkatkan setiap tahunnya.
presepsi adalah salah satu pendorong dalam pengambilan keputusan untuk wisatawan berkunjung ke objek wisata kaliadem di lereng gunung merapi yogyakarta, menurut kolter dan amstrong 2016. evaluasi emosional dan kecenderungan tindakan terhadap objek atau ide. minat seseorang untuk melakukan atau berwisata ketempat tersebut dipengaruhi leh foto-fto yang beredar di media dapat menumbuhkan orang untuk berpresepsi pada suatu objek tersebut, dari segi tempat yang bagus dan tentunya lokasinya nyaman dan jauh dari volusi udara dan bebas dari sampah yang berserakan dan udaranya yang segar tentunya.
dalam ha ini wisatawan yang memperoleh informasi atau unggahan foto di media baik di instragram maupun media yang lainnya akan menimbulkan presepsi orang akan menilai dan membandingkan objek wisata yang bagus atau tidak sehingga wisatawan memutuskan untuk berkunjung ke objek wisata tersebut. dan harga tiket masuk juga sangat pengaruh untuk orang yang akan berwisata di suatu objek wisata. katler dan keller 2011.
seperti foto diatas adalah contoh tempat wisata yang orang akan berpresepsi dengan keingiannnya sendiri sehingga akan menimbulkan presepsi yang berbeda masing-masing individu.
trimaksih .....
apa presepsi anda dengan foto ini...
daftra pustaka.
Hanurawan, F. 2008. Psikologi Lingkungan. Malang: Universitas Negeri Malan
kolter, philipin and kevin lane keller. 201. manajemen pemasaran, edisi 13 jilid 1. jakarta: erlangga.
0 Comments