Kepemimpinan terhadap anggota

 


Essay 3 Wawancara

Untuk memenuhi tugas essay dari mata kuliah psikologi sosial

Dosen pengampu : Arundati Shinta

Judul essay : Kepimpinan terhadap anggota

Aprilia Nita Ningrum (2021011048)

 

Kepemimpinan yang efektif dan efisien bisa  terwujud bila dijalankan berdasarkan fungsi dan tujuan yang telah ditetapkan. Seorang pemimpin dituntut berusaha menjadi bagian dari situasi kelompok atau organisasi yang dipimpinnya (Northouse, 2018). Kepimpinan adalah kemampuan yang terdapat dalam diri sesesorang untuk memimpin sebuah pekerjaan yang tujuannya adalah untuk mencapai target yang telah direncanakan. Sedangkan pemimpin adalah seseorang yang diberi kepercayaan sebagai ketua yang biasanya didalam organisasi, maka seorang pemimpin harus memiliki basic atau kemampuan untuk memandu seseorang atau sekelompok.

a. tipe otoritas, pemimpin yang sangat egois dan tipe yang memutarbalikan kenyataan yang sebenarnya sehingga sesuai dengan keinginannya apa yang secara subjektif diinterprestasikan sebagai kenyataan.

b. tipe peternalistik, persepsi seorang pemimpin tentang peranannya dalam kehidupan organisasi dapat diwarnai oleh harapan para pengikutnya

c. tipe kharismatik, seorang pemimpin yang memiliki kekuatan energi daya tarik yang bisa untuk mempengaruhi orang lain

d. tipe kepemimpinan demokratis, kepemimpinan demokratis menghargai potensi setiap individu, mau mendengarkan nasihat dan sugesti bawahan.

e. tipe militeristis, Banyak mengunakan sistem perintah, sistem komando dari atasan ke bawahan yang sifatnya keras, sangat otoriter dan menghendaki bawahan agar selalu patuh.

 

 

Percakapan wawancara antar interviewer (I) dengan interviewee (S)

(I) bagaimana sikap anda saat memimpin kegiatan paramuka ?

(S) biasanya saya akan tegas jika ada anggota saya yang berselisih dan tidak serius dalam melakukan kegiatan pramuka

(I) menurut anda, komunikasi antar pemimpin dengan anggota itu apa penting?

(S) ya, menurut saya sangat penting dengan membangun komunikasi dengan anggota akan menciptakan tujuan yang kita inginkan.

(I) saat anggota melakukan kesalahan apa yang anda lakukan ?

(S) jika dia tidak patuh atau melakukan kesalahan dalam kegiatan pramuka,saya akan memberikan hukuman tetapi hukuman itu tidak memberatkan

(I) bagaimana anda menciptakan hubungan yang dekat dengan anggota anda ?

(S) ada waktu santai saat melakukan kegiatan pramuka,saya biasanya memposisikan diri sebagai teman dekat atau kakak untuk mendekatkan diri kepada anggota saya

 

Interviewee ini adalah seorang ketua regu dalam pramuka yang mengajar di SMP, dalam topik ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana interviewee memimpin dalam sebuah kegiatan pramuka. Dalam memimpin sebuah kegiatan pramuka,interviewee  membangun sebuah komunikasi terhadap anggotanya agar mempererat hubungan yang baik yang bisa membuat tercapainya tujuan yang diinginkan antar pemimpin dan anggota. Menjadi ketua regu Interviewee sering menemukan permasalahan dalam anggotanya seperti perbedaan pendapat antar anggota yang membuat interviewee harus menengahi dan cepat dalam mengambil keputusan. dalam satu sisi interviewee tegas kepada anggotanya saat mereka tidak serius melakukan kegiatan pramuka. interviewee merupakan sosok yang disiplin dan bisa menyesuaikan diri terhadap orang-orang sekitar, memiliki peraturan jika ada anggota yang tidak patuh atau melanggar larangan dalam melakukan kegiatan pramuka,anggota itu akan dihukum. dibalik sikap tegas dan disiplinnya interviewee memposisikan dirinya sebagai teman dekat atau kakak kepada anggotanya agar bisa membentuk jiwa kekeluargaan.

 

Daftar Pustaka

Mattayang, B. (2019). Tipe Dan Gaya Kepemimpinan: Suatu Tinjauan Teoritis. JEMMA (Journal of Economic, Management and Accounting)2(2), 45-52


0 Comments