Kepemimpinan terhadap anggota
Essay
3 Wawancara
Untuk
memenuhi tugas essay dari mata kuliah psikologi sosial
Dosen
pengampu : Arundati Shinta
Judul
essay : Kepimpinan terhadap anggota
Aprilia
Nita Ningrum (2021011048)
Kepemimpinan yang
efektif dan efisien bisa terwujud bila
dijalankan berdasarkan fungsi dan tujuan yang telah ditetapkan. Seorang
pemimpin dituntut berusaha menjadi bagian dari situasi kelompok atau organisasi
yang dipimpinnya (Northouse, 2018). Kepimpinan adalah kemampuan yang terdapat dalam diri sesesorang untuk memimpin
sebuah pekerjaan yang tujuannya adalah untuk mencapai target yang telah
direncanakan. Sedangkan pemimpin adalah seseorang yang diberi kepercayaan
sebagai ketua yang biasanya didalam organisasi, maka seorang pemimpin harus
memiliki basic atau kemampuan untuk memandu seseorang atau sekelompok.
a. tipe otoritas,
pemimpin yang sangat egois dan tipe yang memutarbalikan kenyataan yang
sebenarnya sehingga sesuai dengan keinginannya apa yang secara subjektif
diinterprestasikan sebagai kenyataan.
b. tipe peternalistik,
persepsi seorang pemimpin tentang peranannya dalam kehidupan organisasi dapat
diwarnai oleh harapan para pengikutnya
c. tipe kharismatik,
seorang pemimpin yang memiliki kekuatan energi daya tarik yang bisa untuk
mempengaruhi orang lain
d. tipe kepemimpinan
demokratis, kepemimpinan demokratis menghargai potensi setiap individu, mau
mendengarkan nasihat dan sugesti bawahan.
e. tipe militeristis, Banyak
mengunakan sistem perintah, sistem komando dari atasan ke bawahan yang sifatnya
keras, sangat otoriter dan menghendaki bawahan agar selalu patuh.
Percakapan wawancara
antar interviewer (I) dengan interviewee (S)
(I) bagaimana sikap
anda saat memimpin kegiatan paramuka ?
(S)
biasanya saya akan tegas jika ada anggota
saya yang berselisih dan tidak serius dalam melakukan kegiatan pramuka
(I) menurut anda,
komunikasi antar pemimpin dengan anggota itu apa penting?
(S)
ya, menurut saya sangat penting dengan
membangun komunikasi dengan anggota akan menciptakan tujuan yang kita inginkan.
(I) saat anggota
melakukan kesalahan apa yang anda lakukan ?
(S)
jika dia tidak patuh atau melakukan
kesalahan dalam kegiatan pramuka,saya akan memberikan hukuman tetapi hukuman
itu tidak memberatkan
(I) bagaimana anda
menciptakan hubungan yang dekat dengan anggota anda ?
(S)
ada waktu santai saat melakukan kegiatan pramuka,saya biasanya memposisikan
diri sebagai teman dekat atau kakak untuk mendekatkan diri kepada anggota saya
Interviewee ini adalah
seorang ketua regu dalam pramuka yang mengajar di SMP, dalam topik ini
bertujuan untuk mengetahui bagaimana interviewee memimpin dalam sebuah kegiatan
pramuka. Dalam memimpin sebuah kegiatan pramuka,interviewee membangun sebuah komunikasi terhadap
anggotanya agar mempererat hubungan yang baik yang bisa membuat tercapainya
tujuan yang diinginkan antar pemimpin dan anggota. Menjadi ketua regu Interviewee
sering menemukan permasalahan dalam anggotanya seperti perbedaan pendapat antar
anggota yang membuat interviewee harus menengahi dan cepat dalam mengambil
keputusan. dalam satu sisi interviewee tegas kepada anggotanya saat mereka
tidak serius melakukan kegiatan pramuka. interviewee merupakan sosok yang
disiplin dan bisa menyesuaikan diri terhadap orang-orang sekitar, memiliki
peraturan jika ada anggota yang tidak patuh atau melanggar larangan dalam
melakukan kegiatan pramuka,anggota itu akan dihukum. dibalik sikap tegas dan
disiplinnya interviewee memposisikan dirinya sebagai teman dekat atau kakak
kepada anggotanya agar bisa membentuk jiwa kekeluargaan.
Daftar
Pustaka
0 Comments