KEPEMIMPINAN KETUA KELAS DI PONDOK PESANTREN
PSIKOLOGI
SOSIAL
Kelas Reguler
Oleh:
Muhammad
Maftuh (2021011077)
FAKULTAS
PSIKOLOGI
UNIVERSITAS
SARJANAWIYATA TAMANSISWA YOGYAKARTA
Dosen
Pengampu:
Dr. Arundati
Shinta, M.A.
Di dalam
suatu bagan atau organisasi diperlukan adanya kekompakan atau kerja sama dalam
mencapai tujuan tertentu. Semua elemen ikut memiliki peran dalam menggerakkan
organisasi, namun yang memiliki tanggung jawab paling besar adalah pemimpin.
Pemimpin adalah seseorang yang dipercaya untuk mampu memberikan arahan,
memberikan contoh kepada bawahannya dalam berbagai situasi. Sikap kepemimpinan
merupakan hal mutlak yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin agar organisasi
mampu terlaksana dengan baik.
Kepemimpinan
merupakan pengikat dalam suatu kelompok agar semua elemen di dalamnya mendapatkan
rasa aman, diberikan motivasi, arahan, teguran dan aturan yang harus ditaati.
Pemimpin harus memiliki sikap kepemimpinan yang efektif agar tujuan mengarah ke urusan yang jelas.
Pengertian Teori
Kepimpinan
1.
Kemampuan sebagai kegiatan untuk memengaruhi orang-orang yang diarahkan
terhadap pencapaian tujuan organisasi.
2.
Kepemimpinan adalah kemampuan dan kesiapan seseorang untuk dapat memengaruhi,
mendorong, mengajak, menggerakkan dan bila perlu memaksa orang lain agar orang
itu mau menerima pengaruh dan berbuat
untuk membentuk proses pencapaian tujuan yang telah ditetapkan.
Dalam
rangka membentuk pemahaman atas suatu organisasi kelompok, pemimpin memiliki
arah tujuan serta motivasi khusus supaya tujuannya tercapai dan mendapatkan
hasil yang maksimal. Subjek yang diwawancarai merupakan pemimpin (ketua kelas)
dari pondok pesantren Al-Luqmaniyah Kota Yogyakarta.
Berikut
hasil wawancara saya dengan Ketua kelas di Pondok Pesantren Al-Luqmaniyah
Yogyakarta
1.
Apa alasan saudara untuk bersedia
menjadi ketua kelas di pondok pesantren?
“Ya
pada awalnya saya terpaksa sih karena ditunjuk oleh Pak Ustad, tapi lama-lama
ya saya menikmati sih, saya tetap bertanggung jawab tentang apa yang menjadi
tugas saya”
2.
Apa yang sudah anda lakukan sebagai
seorang pemimpin?
“yang
sudah dilakukan misalnya memberikan pengarahan tentang acara tertentu, ikut
menegur teman-teman apabila ada yang salah atau melanggar sesuatu.
3.
Apa yang membuat anda merasa senang
ketika menjadi pemimpin?
“saya
akan senang apabila teman-teman di kelas semuanya rajin dan tertib, namun sebaliknya apabila teman di
kelas rewel dan susah diatur, rasanya saya marah dan merasa sedikit gagal
menjalankan tanggung jawab sebagai pemimpin”
4.
Bagaimana cara anda mengatasi
teman-teman yang susah untuk diatur pada saat mengaji?
“memberikan
teguran, atau memasang muka lesu yang bertujuan supaya anak itu sadar akan kesalahannya”
DAFTAR
PUSTAKA
Mulyasa,
Manajemen Berbasis Sekolah: Konsep, Strategi, dan Implementasi (Bandung: PT.
Remaja Rosdakarya, 2004), h. 107.
Marno dan Triyo Supriyatno,
Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan Islam (Bandung: Refika Aditama, 2008), h.
30.
0 Comments