PENGARUH SEORANG KETUA OSIS TERHADAP SEKOLAH


PSIKOLOGI SOSIAL

OLEH;

CLARA PUTRI IGNASIA SELU ( 2021011045 )

Kelas Reguler

FAKULTAS PSIKOLOGI

UNIVERSITAS SARJANAWIYATA TAMANSISWA

Dosen Pengampu;

Dr. Arundati Shinta


Pemimpin adalah orang yang mempunyai karakteristik yang agresif, dominan, dan bisa diandalkan. Ia cocok menjadi pemimpin dalam segala situasi. Pemimpin adalah orang yang mampu merancang kegiatan kelompok, mengeksekusi kegiatan & perilakunya menjadi model. Pemimpin adalah orang yang menggunakan pengaruh yang sifatnya tidak memaksa untuk mengarahkan kegiatan anggota kelompok agar tujuan kelompok dapat tercapai.

Pemimpin memiliki beberapa fungsi, diantaranya, melakukan koordinir anggota & kegiatan, merencanakan & menentukan cara yang paling sesuai agar tujuan kelompok dapat tercapai, sehingga ia harus punya kemampuan lebih tinggi daripada anggotanya, serta sebagai figur yang bisa mengontrol hubungan antar anggota dalam kelompok, ia bisa meberikan rewards & hukuman bagi anggotanya, menjadi penengah konflikdan pendamai.

OSIS merupakan kependekan dari Organisasi Siswa Intra Sekolah. Organisasi ini berada di tingkat sekolah dan dibentuk pada sekolah menengah yaitu SMP dan SMA. Organisasi ini menjadi wadah berkumpulnya para siswa untuk mencapai tujuan tertentu. Dalam organisasi ini, tentunya memiliki seorang pemimpin serta anggota – anggotanya. Ketua OSIS berfungsi sebagai pemimpin dalam organisasi serta bertanggung jawab pada semua yang terjadi dalam organisasi. Menjadi ketua OSIS yang baik harus bisa berkomunikasi dengan baik, bijaksana, tegas, ramah, rendah hati serta bertanggung jawab.

Ketua OSIS memiliki peran, yaitu memimpin organisasi dengan baik dan  bijaksana, mengkoordinir semua aparat kepengurusan misalnya semua tanggung jawab baik itu kegiatan ataupun hal – hal lainnya yang berhubungan dengan organisasi OSIS. Menurut Kanisius (2008) OSIS adalah satu – satunya organisasi siswa yang sah di sekolah yang dibentuk sebagai wujud perhatian pemerintah terhadap pembinaan kesiswaan.

Kecakapan seorang pemimpin dalam mempengaruhi orang lain sangat menentukan pertumbuhan dan perkembangan hidup sebuah organisasi. Begitu juga kepemimpinan di dunia pendidikan, kepemimpinan pendidikan di sekolah terdiri dari kepala sekolah sebagai pemegang jabatan tertinggi. Selain itu, dalam lingkup organisasi siswa atau OSIS dipimpin oleh seorang ketua OSIS. Seorang ketua OSIS diharapkan mampu membimbing, mengayomi dan mengatur anggota atau siswa dalam sekolahnya.

Berikut hasil wawancara saya dengan ketua osis Sekolah Menengan Pertama ( SMP ) :

1.      Apa kesulitan kamu selama menjadi ketua osis ?

“ banyak kesulitan yang terjadi, yang paling sulit adalah mengatur para siswa/i, apalagi anak seusia saya ini ( remaja ) sangat susah diatur dan terlalu nakal, mereka sering melanggar aturan – aturan yang berlaku juga “

2.      Mengapa kamu yang dipilih menjadi ketua osis ?

“ Karena, dari segi sikap, saya merupakan pribadi yang tegas. Saya disuruh mencalonkan diri oleh wali kelas, karena saya merupakan salah satu anak berprestasi di sekolah. “

3.      Adakah pengalaman terburuk selama menjabat ?

“ Tidak ada. “

4.      Bagaimana kamu mengatur agar siswa/I menjadi patuh terhadap aturan?

“ Baru – baru ini saya membuat peraturan. Yang berbunyi bahwa siapapun yang melanggar peraturan akan dikenakan sanksi dan akan dipanggil orang tua untuk datang ke sekolah. Mulai darisini sedikit memiliki perubahan. “

5.      Adakah progres yang berhasil selama menjabat?

“ Ada. Yang pertama, kami para anggota osis membuat galang dana berupa menjual makanan ( kue ) dan membuat rujak untuk dijual. Kegiatan ini berhasil karena banyak pembeli, entah dari pihak sekolah maupun dari pihak keluarga “

DAFTAR PUSTAKA

Shinta, A. (2022). Power Point. Kepemimpinan. Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta.

Bantam, D. J. (2022). KEPEMIMPINAN DALAM ORGANISASI SISWA INTRA SEKOLAH (OSIS). Indonesian Psychological Research, 4(2), 92-101. 

0 Comments