PEMBELAJARAN MELALUI KOMPUTER BERSAMA ANAK-ANAK
PSIKOLOGI
LINGKUNGAN
Essay 4
Dosen
: Dr. Arundati Shinta, M.A
Semester
: Genap 2021/2022
Alya
Giska Ramadhianis
2019011057
FAKULTAS
PSIKOLOGI
UNIVERSITAS
SARJANAWIYATA TAMANSISWA
YOGYAKARTA
Teknologi
telah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari semua aspek kehidupan manusia.
Hampir dalam semua kegiatan, manusia memanfaatkan teknologi, baik yang
sederhana maupun yang canggih. Penciptaan teknologi, sesuai dengan esensinya,
dilakukan untuk memudahkan kegiatan hidup manusia. Walaupun mampu memberikan
kontribusi positif, dampak dari penciptaan sebuah teknologi sering pula memberi
warna negatif terhadap hidup manusia. Manusia harus memandang teknologi sebagai
sesuatu yang bersifat netral yaitu sarana yang dapat membantu untuk
melaksanakan tugas dan aktivitas pekerjaan. Demikian pula halnya dengan
komputer yang merupakan teknologi yang berkembang pesat, yang terbukti telah
banyak membantu meningkatkan kinerja manusia.
Di
masa depan perkembangan teknologi komputer akan berlangsung semakin pesat. Hal
ini mengharuskan masyarakat untuk lebih mengenal dan bahkan mampu memanfaatkan
teknologi tersebut dalam aktivitas kehidupan mereka.
Sebagai
media belajar, komputer memiliki keunggulan dalam hal interaksi, dan
menumbuhkan minat belajar mandiri bagi anak. Tetapi interaksi komputer dengan
anak belum dapat menggantikan interaksi orang tua atau guru dengan anak. Dalam
kaitan ini, komputer dalam proses belajar komputer, akan melahirkan suasana
yang menyenangkan bagi anak. Gambar-gambar dan suara yang muncul juga membuat
anak tidak cepat bosan, sehingga dapat merangsang anak.
Metode
atau cara mendidik anak pada usia dini, tentu sangatlah berbeda dengan metode
atau cara mendidik anak pada masa remaja atau masa setelahnya. Untuk mendidik
anak pada usia dini, kita harus menyajikan materi yang akan kita ajarkan dengan
desain yang sangat menyenangkan, salah satunya dengan komputer.
Dengan
komputer, proses belajar anak akan terasa sangat menyenangkan. Hal itu tidak
bisa dipungkiri lagi, dengan komputer kita bisa memasukkan program-program
edukasi yang cocok untuk pendidikan anak pada usia dini. Dengan komputer pula,
kita sebagai pendidik akan merasa sangat terbantu dengan penyampaian yang disajikan
oleh komputer tanpa meragukan hasil yang kurang optimal. Adanya tampilan gambar
warna-warni yang dapat bergerak serta didukung dengan suara atau nyanyian yang
riang gembira dapat merangsang anak untuk lebih betah bermain sambil belajar.
Karena hanya metode bermain sambil belajarlah yang cocok diberikan kepada anak
usia dini.
Menjadikan Komputer
Aman dan Bermanfaat Bagi Anak
Mengingat
penggunaan komputer adalah sesuatu yang tidak dapat dihindari pada saat ini dan
masa yang akan datang, akan tetapi anak harus dikenalkan dengan komputer
walaupun ada pengaruh yang tidak baik yang dapat ditimbulkan, ada baiknya kita
menyusun siasat dalam mengenalkan komputer pada anak.
Mengenalkan
komputer pada anak, amat tergantung pada kesiapan orangtua dalam mengenalkan
dan mengawasi anak saat bermain komputer. Karenanya, kepada semua orangtua,
perlu diingatkan peran penting mereka dalam pemanfaatan komputer bagi anak.
Berikan kesempatan pada anak untuk belajar dan berinteraksi dengan komputer
sejak dini. Apalagi mengingat penggunaan komputer adalah sesuatu yang tidak
bisa dihindari pada saat ini dan masa yang akan datang.
Pilihlah
perangkat lunak tertentu yang memang ditujukan untuk anak-anak. Sekalipun yang
dipilih merupakan program komputer seperti edutainment ataupun games, sesuaikan
selalu dengan usia dan kemampuan anak.
0 Comments