peduli Lingkungan

 

Essay 3

Psikologi Lingkungan A

Margaretha Agia Dhamahayu Wardhani

2019011015

Peduli lingkungan rumah





Pendidikan adalah suatu kegiatan yang terencana yang diwujudkan pada proses pembelajaran yang bertujuan mendidik anak supaya aktif dalam mengembangkan potensinya. Dalam proses pendidikan tidak terlepas dari lingkungan, proses pendidikan dengan lingkungan memiliki hubungan yang erat dan tidak bisa dipisahkan. Menurut Arif, hubungan pendidikan dengan lingkungan seperti mahkluk hidup beradaptasi dengan lingkunganya (Trahati, 2015). Permasalahan lingkungan yang terjadi tidak bisa terlepas dari perilaku manusia karena manusia cenderung mengeksploitasi lingkungan untuk kepentingannya tanpa memperhatikan kelestarian lungkungan. Hilangnya rasa kepedulian terhadap lingkungan akan menyebabkan berbagai permasalahan lingkungan sekitar yang berakibat pada kehidupan manusia. Hal ini dapat di lihat dari kebiasaan-kebiasaan manusia. Salah satu contohnya yaitu sulitnya menanamkan kebiasaan membuang sampah pada tempatnya, meskipun sudah disediakan tempat sampah tetapi masih saja membuang sampah sembarangan dan kebiasaan bersikap acuh tak acuh terhadap kebersihan lingkungan sekitar, dan tidak peduli dengan sampah yang tidak berada di tempatnya.

Pendidikan karakter ditanamkan sejak dini terutama di rumah sebagai tempat Pendidikan menjadi nonformal sebagai dasar bagi pembentukan karakter anak terhadap peduli lingkungan sekitar (Akhwani, 2019; Akhwani & Nurizka, 2021). Pembentukan karakter peduli lingkungan ditanamkan melalui pendidikan di rumah pada saat proses pembelajaran dan pembiasaan yang dilakukan oleh seluruh anggota keluarga sebagai penggerak utama dalam membersihkan rumah. Wiyani, (2013) menjelaskan bahwa terdapat empat cara dalam implementasi pendidikan karakter peduli lingkungan di lingkungan rumah, antara lain melalui kegiatan pembiasaan rutin, kegiatan pembiasaan spontan, kegiatan pembiasaan keteladanan, pengkondisian.

Kesehatan lingkungan rumah meliputi pemeliharaan tanaman rumah, bangunan, ventilasi dan pencahayaan, bebas dari jentik nyamuk, bebas asap rokok dan ajakan kebersihan. Pemeliharaan bangunan sekolah dilaksanakan setiap hari dengan melibatkan semua anggota keluarga. Anggota keluarga diikutsertakan dalam merawat serta melakukan pengawasan dalam pemeliharaan bangunan. Anggota keluarga ikut Pemeliharaan bangunan dilakukan secara optimal untuk manjaga lingkungan rumah yang kondusif dalam kelangsungan hidup anggota keluarga. Lingkungan rumah yang kondusif dapat membantu tercapainya tujuan hidup sehat. Kesehatan lingkungan rumah berkaitan dengan kebersihan lingkungan rumah yang rimdamg dan sejuk.

 

Sumber: Naziyah, Sifaun, et al. "Implementasi Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan di Sekolah Dasar." Jurnal Basicedu 5.5 (2021): 3482-3489.

0 Comments