peduli Lingkungan
Essay
3
Psikologi
Lingkungan A
Margaretha
Agia Dhamahayu Wardhani
2019011015
Peduli
lingkungan rumah
Pendidikan adalah suatu kegiatan
yang terencana yang diwujudkan pada proses pembelajaran yang bertujuan mendidik
anak supaya aktif dalam mengembangkan potensinya. Dalam proses pendidikan tidak
terlepas dari lingkungan, proses pendidikan dengan lingkungan memiliki hubungan
yang erat dan tidak bisa dipisahkan. Menurut Arif, hubungan pendidikan dengan
lingkungan seperti mahkluk hidup beradaptasi dengan lingkunganya (Trahati, 2015).
Permasalahan lingkungan yang terjadi tidak bisa terlepas dari perilaku manusia
karena manusia cenderung mengeksploitasi lingkungan untuk kepentingannya tanpa
memperhatikan kelestarian lungkungan. Hilangnya rasa kepedulian terhadap
lingkungan akan menyebabkan berbagai permasalahan lingkungan sekitar yang berakibat
pada kehidupan manusia. Hal ini dapat di lihat dari kebiasaan-kebiasaan
manusia. Salah satu contohnya yaitu sulitnya menanamkan kebiasaan membuang
sampah pada tempatnya, meskipun sudah disediakan tempat sampah tetapi masih
saja membuang sampah sembarangan dan kebiasaan bersikap acuh tak acuh terhadap kebersihan
lingkungan sekitar, dan tidak peduli dengan sampah yang tidak berada di
tempatnya.
Pendidikan karakter
ditanamkan sejak dini terutama di rumah sebagai tempat Pendidikan menjadi nonformal
sebagai dasar bagi pembentukan karakter anak terhadap peduli lingkungan sekitar
(Akhwani, 2019; Akhwani & Nurizka, 2021). Pembentukan karakter peduli
lingkungan ditanamkan melalui pendidikan di rumah pada saat proses pembelajaran
dan pembiasaan yang dilakukan oleh seluruh anggota keluarga sebagai penggerak
utama dalam membersihkan rumah. Wiyani, (2013) menjelaskan bahwa terdapat empat
cara dalam implementasi pendidikan karakter peduli lingkungan di lingkungan
rumah, antara lain melalui kegiatan pembiasaan rutin, kegiatan pembiasaan
spontan, kegiatan pembiasaan keteladanan, pengkondisian.
Kesehatan lingkungan rumah
meliputi pemeliharaan tanaman rumah, bangunan, ventilasi dan pencahayaan, bebas
dari jentik nyamuk, bebas asap rokok dan ajakan kebersihan. Pemeliharaan
bangunan sekolah dilaksanakan setiap hari dengan melibatkan semua anggota keluarga.
Anggota keluarga diikutsertakan dalam merawat serta melakukan pengawasan dalam
pemeliharaan bangunan. Anggota keluarga ikut Pemeliharaan bangunan dilakukan
secara optimal untuk manjaga lingkungan rumah yang kondusif dalam kelangsungan
hidup anggota keluarga. Lingkungan rumah yang kondusif dapat membantu
tercapainya tujuan hidup sehat. Kesehatan lingkungan rumah berkaitan dengan kebersihan
lingkungan rumah yang rimdamg dan sejuk.
Sumber: Naziyah, Sifaun,
et al. "Implementasi Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan di Sekolah
Dasar." Jurnal Basicedu 5.5 (2021): 3482-3489.
0 Comments