PEDULI LINGKUNGAN SEJAK USIA DINI MELALUI KEGIATAN GREEN SCHOOL

 

PSIKOLOGI LINGKUNGAN A

ESSAY 2

Dosen : Dr. Arundati Shinta, M.A

Semester : Genap 2021/2022

Rika Nur Rokhiima

2019011164

FAKULTAS PSIKOLOGI

UNIVERSITAS SARJANAWIYATA TAMANSISWA

YOGYAKARTA

 

Sekolah   Green  School merupakan  sekolah  berbasis  alam  dan  lingkungan  serta pendidikan   budi   pekerti.   Sekolah   ini menerapkan   sistem   belajar   dengan   alam   sebagai Laboratorium utamanya yang di desain agar bisa menyenangkan untuk peserta didik dan guru.  Didalamnya  dirangkai  seperti  keseharian,  sehingga  benar-benar  antara  peserta  didik  dan lingkungan  saling  berkaitan. Sekolah  Green School menekankan  pada keberhasilan  pada  pembentukan karakter   anak,  Walau   pada   prosesnya   pembelajaran  Calistung   tetap   dijalankan.   Dalam membentuk karakter anak tersebut sekolah green school  menjadikan Alam sebagai model pembelajaran. Alam dijadikan tempat bermain sekaligus belajar. Karena seperti yang kita tau bermain  bagi  anak  usia  dini  adalah  sebuah  proses  mempelajari  dan  belajar  banyak  hal seperti bersosialisasi, kerja sama, toleransi dan yang paling utama karakter anak akan terbentuk tanpa disadari, karena dalam bermain kecerdasan mutiple intelegensi anak juga ikut bermain.


Penanaman karakter pada diri manusia perlu distimulasi sejak usia dini. Salah satu karakter yang perlu ditanamkan sejak dini pada anak yaitu rasa peduli terhadap lingkungannya. Anak usia dini perlu diberikan rangsangan untuk menumbuhkan karakter peduli lingkungan sejak sedini mungkin karena merupakan salah satu upaya pencegahan kerusakan pada lingkungan alam. Peduli lingkungan merupakan sikap dan tindakan untuk mencegah kerusakan pada lingkungan alam disekitarnya serta berupaya untuk memperbaiki kerusakan-kerusakan yang sudah ada. Dengan tidak pedulinya seseorang terhadap lingkungan, dapat menimbulkan permasalahan yang sering terjadi terhadap kelestarian lahan hijau yang banyak digunakan untuk membangun pemukiman sehingga menyebabkan mudahnya terjadi banjir karena tidak adanya resapan air ketika hujan turun.


Kerusakan lingkungan yang terjadi karena kurang pedulinya masyarakat pada lingkungan sekitar diantaranya tanaman yang dipetik bunganya untuk kepentingan foto selfie, tumbuhan yang diinjak-injak, tanaman yang tidak dirawat, membuang sampah sembarangan, penggunaan bahan plastik yang tidak dapat diurai, penggunaan air yang berlebihan, dan pemburuan hewan. Kerusakan lingkungan yang terjadi akibat ulah manusia akan sangat membuat dampak buruk bagi alam, serta timbulnya masalah seperti: terganggunya kesehatan akibat pembakaran hutan dengan skala besar, tidak seimbangnya ekosistem alam yang mengakibatkan kerusakan terhadap keindahan lingkungan (Cahyaningrum et al., 2017; Fitri, 2017; Saripudin, 2017; Sudarsana, 2018).

     


Salah satu upaya untuk mengatasi permasalahan lingkungan tersebut yaitu melalui pembentukan karakter yang dimulai sejak usia dini. Pembentukan karakter ini dapat dilakukan melalui pembelajaran yang berwawasan lingkungan hidup. Dengan adanya pembelajaran sikap peduli lingkungan, diharapkan dapat menyadarkan anak agar memiliki kepedulian terhadap alam dan lingkungan disekitarnya. Menanamkan sikap peduli lingkungan terhadap anak dapat dimulai dari menjaga kebersihan kelas dan sekolah dengan cara membuang sampah di tempatnya, melakukan piket kelas, merawat tanaman, menanam tanamandan sebagainya. Selain itu, salah satu cara menumbuhkan karakter peduli lingkungan pada anak yaitu dengan cara menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat. Perilaku tersebut berperan sangat penting dalam menanamkan nilai karakter peduli lingkungan.

Pentingnya sikap peduli lingkungan menurut pernyataan Akhmad Muhaimin Azzet (2013: 97) Ia mengatakan bahwa bumi semakin tua dan kebutuhan manusia pada alam juga semakin besar, sehingga yang menjadi persoalan lingkungan adalah hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Begitu juga pernyataan Philip Shabechoff (1999: xviii) Ia mengatakan bahwa bumi ini hanya satu dan sudah terasa sangat kecil. Untuk itu, bumi perlu dijaga dan dirawat dengan kasih sayang. Dalam konteks inilah nilai peduli lingkungan sebagai salah satu nilai dalam pendidikan karakter menjadi sangat penting untuk ditanamkan pada anak usia dini, terutama siswa MI/SD (Afriyeni, 2018). So, jika bukan kita siapa lagi ? dan jika tidak sekarang, kapan lagi ?

 

DAFTAR PUSTAKA

Ismail, M.Jen. 2021. Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Dan Menjaga Kebersihan Di Sekolah. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, Vol.4, No.1.

Mukaromah, Lulul. 2020. Pembelajaranberbasis ALAM DALAM MEMBENTUK KARAKTER ANAK USIA DINI (STUDI ANALISIS DI TK JOGJA GREEN SCHOOL). Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol.1, No.2. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.

Oktamarina, Lidia. 2021. Meningkatkan Karakter Peduli Lingkungan Sejak Usia Dini Melalui Kegiatan Green School di PAUD Uswatunn Hasanah Palembang. Jurnal ilamiah Potensia, Vol.6, No.1. Universitas Islam Negeri Raden Fatah,

 

0 Comments