PEDULI LINGKUNGAN SEJAK USIA DINI MELALUI KEGIATAN GREEN SCHOOL
PSIKOLOGI LINGKUNGAN A
ESSAY 2
Dosen : Dr. Arundati Shinta, M.A
Semester : Genap 2021/2022
Rika Nur Rokhiima
2019011164
FAKULTAS PSIKOLOGI
UNIVERSITAS SARJANAWIYATA TAMANSISWA
YOGYAKARTA
Sekolah Green
School merupakan sekolah berbasis
alam dan lingkungan
serta pendidikan budi pekerti.
Sekolah ini menerapkan sistem
belajar dengan alam
sebagai Laboratorium utamanya yang di desain agar bisa menyenangkan untuk
peserta didik dan guru. Didalamnya dirangkai
seperti keseharian, sehingga
benar-benar antara peserta
didik dan lingkungan saling
berkaitan. Sekolah Green School
menekankan pada keberhasilan pada
pembentukan karakter anak, Walau
pada prosesnya pembelajaran
Calistung tetap dijalankan.
Dalam membentuk karakter anak tersebut sekolah green school menjadikan Alam sebagai model pembelajaran.
Alam dijadikan tempat bermain sekaligus belajar. Karena seperti yang kita tau
bermain bagi anak
usia dini adalah
sebuah proses mempelajari
dan belajar banyak
hal seperti bersosialisasi, kerja sama, toleransi dan yang paling utama
karakter anak akan terbentuk tanpa disadari, karena dalam bermain kecerdasan
mutiple intelegensi anak juga ikut bermain.
Penanaman karakter pada diri manusia perlu distimulasi sejak usia dini. Salah satu karakter yang perlu ditanamkan sejak dini pada anak yaitu rasa peduli terhadap lingkungannya. Anak usia dini perlu diberikan rangsangan untuk menumbuhkan karakter peduli lingkungan sejak sedini mungkin karena merupakan salah satu upaya pencegahan kerusakan pada lingkungan alam. Peduli lingkungan merupakan sikap dan tindakan untuk mencegah kerusakan pada lingkungan alam disekitarnya serta berupaya untuk memperbaiki kerusakan-kerusakan yang sudah ada. Dengan tidak pedulinya seseorang terhadap lingkungan, dapat menimbulkan permasalahan yang sering terjadi terhadap kelestarian lahan hijau yang banyak digunakan untuk membangun pemukiman sehingga menyebabkan mudahnya terjadi banjir karena tidak adanya resapan air ketika hujan turun.
Kerusakan lingkungan yang terjadi karena kurang
pedulinya masyarakat pada lingkungan sekitar diantaranya tanaman yang dipetik
bunganya untuk kepentingan foto selfie, tumbuhan yang diinjak-injak, tanaman
yang tidak dirawat, membuang sampah sembarangan, penggunaan bahan plastik yang
tidak dapat diurai, penggunaan air yang berlebihan, dan pemburuan hewan.
Kerusakan lingkungan yang terjadi akibat ulah manusia akan sangat membuat
dampak buruk bagi alam, serta timbulnya masalah seperti: terganggunya kesehatan
akibat pembakaran hutan dengan skala besar, tidak seimbangnya ekosistem alam
yang mengakibatkan kerusakan terhadap keindahan lingkungan (Cahyaningrum et
al., 2017; Fitri, 2017; Saripudin, 2017; Sudarsana, 2018).
Salah satu upaya untuk mengatasi permasalahan lingkungan
tersebut yaitu melalui pembentukan karakter yang dimulai sejak usia dini.
Pembentukan karakter ini dapat dilakukan melalui pembelajaran yang berwawasan
lingkungan hidup. Dengan adanya pembelajaran sikap peduli lingkungan,
diharapkan dapat menyadarkan anak agar memiliki kepedulian terhadap alam dan
lingkungan disekitarnya. Menanamkan sikap peduli lingkungan terhadap anak dapat
dimulai dari menjaga kebersihan kelas dan sekolah dengan cara membuang sampah
di tempatnya, melakukan piket kelas, merawat tanaman, menanam tanamandan
sebagainya. Selain itu, salah satu cara menumbuhkan karakter peduli lingkungan
pada anak yaitu dengan cara menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat.
Perilaku tersebut berperan sangat penting dalam menanamkan nilai karakter
peduli lingkungan.
Pentingnya sikap peduli lingkungan menurut pernyataan
Akhmad Muhaimin Azzet (2013: 97) Ia mengatakan bahwa bumi semakin tua dan
kebutuhan manusia pada alam juga semakin besar, sehingga yang menjadi persoalan
lingkungan adalah hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Begitu juga
pernyataan Philip Shabechoff (1999: xviii) Ia mengatakan bahwa bumi ini hanya
satu dan sudah terasa sangat kecil. Untuk itu, bumi perlu dijaga dan dirawat
dengan kasih sayang. Dalam konteks inilah nilai peduli lingkungan sebagai salah
satu nilai dalam pendidikan karakter menjadi sangat penting untuk ditanamkan
pada anak usia dini, terutama siswa MI/SD (Afriyeni, 2018). So, jika bukan kita
siapa lagi ? dan jika tidak sekarang, kapan lagi ?
DAFTAR PUSTAKA
Ismail, M.Jen. 2021. Pendidikan Karakter Peduli
Lingkungan Dan Menjaga Kebersihan Di Sekolah. Jurnal Pendidikan Dan
Pembelajaran, Vol.4, No.1.
Mukaromah, Lulul. 2020. Pembelajaranberbasis ALAM
DALAM MEMBENTUK KARAKTER ANAK USIA DINI (STUDI ANALISIS DI TK JOGJA GREEN
SCHOOL). Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol.1, No.2. Universitas
Islam Negeri Sunan Kalijaga.
Oktamarina, Lidia. 2021. Meningkatkan Karakter Peduli Lingkungan
Sejak Usia Dini Melalui Kegiatan Green School di PAUD Uswatunn Hasanah
Palembang. Jurnal ilamiah Potensia, Vol.6, No.1. Universitas Islam
Negeri Raden Fatah,
0 Comments