Kesadaran Masyarakat Dalam Lingkungan Adiwiyata

Psikologi Lingkungan A

Essay 1

Margaretha Agia Dhamahayu Wardhani

2019011015

Kesadaran iMasyarakat iDalam iLingkungan iAdiwiyata








Pembangunan yang dilaksanakan saat ini di berbagai negara mengalami perkembangan pesat pada berbagai sektor. Namun, masyarakat dunia juga menghadapi berbagai bencana/permasalahan lingkungan, seperti banjir, tanah longsor, kekeringan dan kebakaran hutan yang menimbulkan kerugian materi maupun korban manusia. Masyarakat internasional saat ini telah menyepakati pentingnya menjaga bumi dari pencemaran dan kerusakan, misalnya melalui pembangunan berkelanjutan. Pembangunan berkelanjutan telah menjadi komitmen dan tanggung jawab bersama masyarakat dunia untuk menyelamatkan bumi dari kerusakan dan kehancuran akibat pembangunan yang tidak memperhatikan kelestarian lingkungan. Pembangunan berkelanjutan berusaha untuk memahami interaksi antara alam dan masyarakat dalam rangka untuk mempromosikan transisi menuju keberlanjutan. Inti dari pembangunan berkelanjutan adalah memenuhi kebutuhan dasar manusia sambil menjaga sistem pendukung kehidupan planet bumi.

Dalam rangka menghadapi tantangan lingkungan di bumi, ada kebutuhan untuk mendidik dan memberi informasi kepada masyarakat mengenai permasalahan lingkungan. Salah satu komitmen masyarakat dan pemerintah internasional dalam menjaga bumi dari pencemaran dan kerusakan adalah melalui pelaksanaan Pendidikan Lingkungan Hidup (Environment Education), yang merupakan kunci untuk mempersiapkan masyarakat dengan pengetahuan, keahlian, nilai dan sikap peduli lingkungan sehingga dapat berpartisipasi aktif dalam memecahkan masalah lingkungan.  Pendidikan Lingkungan Hidup menurut konvensi UNESCO di Tbilisi (1997) merupakan suatu proses yang bertujuan untuk menciptakan suatu masyarakat dunia yang memiliki kepedulian terhadap lingkungan dan peduli terhadap masalah-masalah yang terkait di dalamnya serta memiliki pengetahuan, motivasi, komitmen, dan keterampilan untuk bekerja, baik secara perorangan maupun kolektif dalam mencari alternatif atau memberi solusi terhadap permasalahan lingkungan hidup yang ada sekarang dan untuk menghindari timbulnya masalah-masalah lingkungan hidup baru.

Pendidikan ilingkungan ipenting idilaksanakan idengan itujuan imembina imasyarakat iagar imemiliki iperilaku iyang irasional idan ibertanggung ijawab idalam imengahadapi ipermasalahan ilingkungan ihidup. iSebagaimana iKementerian iLingkungan iHidup i(2004) imenyatakan ibahwa itujuan ipendidikan ilingkungan ihidup iadalah imendorong idan imemberikan ikesempatan ikepada imasyarakat imemperoleh ipengetahuan, iketerampilan, idan isikap iyang ipada iakhirnya idapat imenumbuhkan ikepedulian, ikomitmen iuntuk imelindungi, imemperbaiki iserta imemanfaatkan ilingkungan ihidup isecara ibijaksana, iturut imenciptakan ipola iperilaku ibaru iyang ibersahabat idengan ilingkungan ihidup, imengembangkan ietika ilingkungan ihidup idan imemperbaiki ikualitas ihidup.

Menciptakan ikesadaran ilingkungan idi ikalangan imasyarakat iterutama ikita igenerasi ibangsa iyang imerupakan isalah isatu icara iterbaik ikarena ikita iadalah icalon ipemimpin imasa idepan, iperencana, ipembuat ikebijakan idan ipendidik ilingkungan i(Thapa, i1999). iBila idikaji idengan iseksama idan imendalam, ifaktor-faktor ipenyebab imenurunnya ikualitas idan irusaknya ilingkungan idisebabkan ioleh ipola ipikir, isikap idan itindak imanusianya iserta isebagian inilai-nilai iyang iada idan iberkembang idalam imasyarakat iyang itidak imencerminkan isifat irasional idan ibertanggungjawab iterhadap ipemanfaatan idan ipengelolaan ilingkungan i(Husen, i2007). iDisini iperan iserta ikaum imuda idapat iberarti ibanyak, ibaik iprogram ilangsung iseperti imembersihkan ilingkungan, imenanam ipohon iatau iprogram itak ilangsung iseperti ipemberian iinformasi itentang imasalah ilingkungan ihidup idan icara imenanggulangi iserta imenjaga ikelestarian ilingkungan i(Sugiyono, i2005).

Salah satu upaya untuk mengatasi kelemahan dalam Pendidikan Lingkungan Hidup ini, lingkungan harus memberikan praktek pembelajaran yang efektif untuk mengembangkan perilaku bertanggung jawab terhadap lingkungan dan lingkungan belajar yang diperlukan harus memberikan siswa kesempatan untuk belajar di luar kelas, mengamati alam, berlatih dan menguji isu-isu belajar tentang lingkungan. Berdasarkan hal ini, pada bagian selanjutnya dari tulisan ini penulis mencoba untuk menguraikan salah satu upaya yang komprehensif dalam menanamkan literasi lingkungan pada siswa guna mewujudkan masyarakat berkarakter peduli lingkungan, yaitu melalui program Adiwiyata.

 

Daftar Pustaka

Desfandi, Mirza. "Mewujudkan masyarakat berkarakter peduli lingkungan melalui program adiwiyata." SOSIO-DIDAKTIKA: Social Science Education Journal 2.1 (2015): 31-37.

iDasrita, iYanti, iet ial. i"Kesadaran iLingkungan iSiswa iSekolah iAdiwiyata." iDinamika iLingkungan iIndonesia i2.1 i(2015): i61-64.

 

penulis:




0 Comments