Kesadaran Masyarakat Dalam Lingkungan Adiwiyata
Psikologi Lingkungan A
Essay 1
Margaretha Agia Dhamahayu Wardhani
2019011015
Kesadaran iMasyarakat iDalam iLingkungan iAdiwiyata
Dalam rangka menghadapi
tantangan lingkungan di bumi, ada kebutuhan untuk mendidik dan memberi
informasi kepada masyarakat mengenai permasalahan lingkungan. Salah satu
komitmen masyarakat dan pemerintah internasional dalam menjaga bumi dari
pencemaran dan kerusakan adalah melalui pelaksanaan Pendidikan Lingkungan Hidup
(Environment Education), yang merupakan kunci untuk mempersiapkan masyarakat
dengan pengetahuan, keahlian, nilai dan sikap peduli lingkungan sehingga dapat
berpartisipasi aktif dalam memecahkan masalah lingkungan. Pendidikan Lingkungan Hidup menurut konvensi
UNESCO di Tbilisi (1997) merupakan suatu proses yang bertujuan untuk
menciptakan suatu masyarakat dunia yang memiliki kepedulian terhadap lingkungan
dan peduli terhadap masalah-masalah yang terkait di dalamnya serta memiliki
pengetahuan, motivasi, komitmen, dan keterampilan untuk bekerja, baik secara
perorangan maupun kolektif dalam mencari alternatif atau memberi solusi
terhadap permasalahan lingkungan hidup yang ada sekarang dan untuk menghindari
timbulnya masalah-masalah lingkungan hidup baru.
Pendidikan ilingkungan ipenting idilaksanakan idengan itujuan imembina imasyarakat iagar imemiliki iperilaku iyang irasional idan ibertanggung ijawab idalam imengahadapi ipermasalahan ilingkungan ihidup. iSebagaimana iKementerian iLingkungan iHidup i(2004) imenyatakan ibahwa itujuan ipendidikan ilingkungan ihidup iadalah imendorong idan imemberikan ikesempatan ikepada imasyarakat imemperoleh ipengetahuan, iketerampilan, idan isikap iyang ipada iakhirnya idapat imenumbuhkan ikepedulian, ikomitmen iuntuk imelindungi, imemperbaiki iserta imemanfaatkan ilingkungan ihidup isecara ibijaksana, iturut imenciptakan ipola iperilaku ibaru iyang ibersahabat idengan ilingkungan ihidup, imengembangkan ietika ilingkungan ihidup idan imemperbaiki ikualitas ihidup.
Menciptakan ikesadaran ilingkungan idi ikalangan imasyarakat iterutama ikita igenerasi ibangsa iyang imerupakan isalah isatu icara iterbaik ikarena ikita iadalah icalon ipemimpin imasa idepan, iperencana, ipembuat ikebijakan idan ipendidik ilingkungan i(Thapa, i1999). iBila idikaji idengan iseksama idan imendalam, ifaktor-faktor ipenyebab imenurunnya ikualitas idan irusaknya ilingkungan idisebabkan ioleh ipola ipikir, isikap idan itindak imanusianya iserta isebagian inilai-nilai iyang iada idan iberkembang idalam imasyarakat iyang itidak imencerminkan isifat irasional idan ibertanggungjawab iterhadap ipemanfaatan idan ipengelolaan ilingkungan i(Husen, i2007). iDisini iperan iserta ikaum imuda idapat iberarti ibanyak, ibaik iprogram ilangsung iseperti imembersihkan ilingkungan, imenanam ipohon iatau iprogram itak ilangsung iseperti ipemberian iinformasi itentang imasalah ilingkungan ihidup idan icara imenanggulangi iserta imenjaga ikelestarian ilingkungan i(Sugiyono, i2005).
Salah satu upaya untuk
mengatasi kelemahan dalam Pendidikan Lingkungan Hidup ini, lingkungan harus
memberikan praktek pembelajaran yang efektif untuk mengembangkan perilaku
bertanggung jawab terhadap lingkungan dan lingkungan belajar yang diperlukan
harus memberikan siswa kesempatan untuk belajar di luar kelas, mengamati alam,
berlatih dan menguji isu-isu belajar tentang lingkungan. Berdasarkan hal ini,
pada bagian selanjutnya dari tulisan ini penulis mencoba untuk menguraikan
salah satu upaya yang komprehensif dalam menanamkan literasi lingkungan pada
siswa guna mewujudkan masyarakat berkarakter peduli lingkungan, yaitu melalui
program Adiwiyata.
Daftar Pustaka
Desfandi,
Mirza. "Mewujudkan masyarakat berkarakter peduli lingkungan melalui
program adiwiyata." SOSIO-DIDAKTIKA: Social Science Education Journal 2.1
(2015): 31-37.
iDasrita,
iYanti, iet ial. i"Kesadaran iLingkungan iSiswa iSekolah iAdiwiyata."
iDinamika iLingkungan iIndonesia i2.1 i(2015): i61-64.
penulis:

0 Comments